Partisi SD-Card Android (ext2/ext3/ext4) Menggunakan CWM Recovery

kali ini teknopon akan membahas mengenai sebuah tip atau juga bisa disebut trik untuk anda para pecinta smartphone khususnya android mania. para pecinta android pasti sudah mengenal istilah partisi. yah partisi sendiri merupakan istilah untuk memecah sebuah memori namun dari segi kapastias bukan dari memorinya yang dipecah.



sebenarnya pemecahan atau partisi memori dapat dilakukan dengan menggunakan 2 metode. yakni partisi dengan menggunakan komputer/laptop atau perangkat sejenisnya dan salah satu metodenya lagi menggunakan android itu sendiri. nah yang akan kita bahas di kesempatan kali ini yakni bagaimana cara partisi sd card dengan mengguakan cwm recovery dari smartphone android anda.

melakukan partisi menggunakan android memang juga sama dengan melakukan partisi dengan menggunakan komputer yakni penuh dengan resiko. nah untuk mencegah resiko tersebut anda yang akan melakukan partisi tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan seperti :
1. cwm milik anda harus sudah mendukung atau support fitur partisi ini. jika cwm pada smarthpone anda masih belum support maka anda dapat mempartisinya hanya dengan menggunaan komputer.
2. lakukan backup atau cadangkan seluruh isi dari sd card anda. karena resiko kehilangan data akan sangat besar.

nah setelah selesai memenuhi persyaratan yang cukup rumit tersebut langsung saja kita simak ulasannya caranya.

1. matikan smartphone android anda dan langsung masuk ke dalam recovery mode.
2. pada menu cwm recovery mode pilihlah tab advanced
3. pilih partition SD Card
4. jika setelah memilih partition SD Card dan anda menemui peringatan "warning:system dan sd card sudah di backup terlebih dahulu" pilih saja yes
5. pilih partisi yang anda inginkan. jika memori SD card anda hanya berkapasitas 2GB maka anda dapat memilih yang kapasitas 512 MB, sedangkan jika 4GB anda dapat memilih 1 GB(1024M) dan jika menggunakan memori SD card yang berkapasitas 8 GB anda dapat memilih kapasitas partisinya 1-2 GB(1024M - 2048M). namun pada CWM recovery partisi hanya dapat dilakukan dengan kapasitas maksimum 4GB. dan perlu diingat semakin besar anda memilih kapasitas partisi maka booting android akan lebih lama.
6. setelah memilih kapasitas, pilih jenis partisi sesuai dengan pengembang kernel smartphone anda. jika support untuk membuat ext4 mana ambil yang ext4. namun jika anda tidak tahu sama sekali pilih saja yang ext3 atau yang lebih rendah di ext2.
7.selanjutnya anda akan disodorkan pada menu swapp. abaikan saja dengan memilih 0. hal tersebut karena tidak semua kernel support dengan swapp dan jika dibuatpun juga belum tentu langsung aktif.
8. setelah itu tunggu proses selesai hingga muncul tulisan done.

nah begitu saja sobat caranya partisi tanpa menggunakan komputer.

Related

Tips&Trik 3333346746781894520

Posting Komentar Default Comments

emo-but-icon

Follow Us

Translate

Hot in week

Recent

Comments

Like Us

ads

item